Sabtu, 16 Oktober 2010

PERIPHERAL I.V. TERAPI PERSIAPAN
admin pada tanggal 3 September 2010 - Tinggalkan Komentar
PERIPHERAL I.V.
TERAPI PERSIAPAN
 
Pemilihan dan persiapan peralatan yang tepat sangat penting untuk pengiriman akurat dari IV solusi. Pemilihan suatu I.V. mengatur administrasi tergantung pada tingkat dan jenis infus yang diinginkan dan jenis IV wadah larutan yang digunakan.
Dua jenis drip set yang tersedia: macrodrip dan microdrip tersebut.
Set macrodrip dapat memberikan solusi dalam jumlah besar dengan harga yang cepat karena memberikan jumlah yang lebih besar dengan setiap tetes dari set microdrip. Set microdrip, digunakan untuk pasien anak dan pasien dewasa tertentu yang memerlukan kecil atau erat diatur jumlah IV solusi, memberikan kuantitas yang lebih kecil dengan masing-masing drop.
Administrasi tubing dengan port injeksi sekunder izin infus terpisah atau simultan dari dua solusi; tubing dengan port kuda-kudaan dan katup backcheck izin infus intermiten dari solusi sekunder dan, pada selesai, kembali ke infus larutan primer.
Vented I.V. tabung dipilih untuk solusi dalam botol nonvented; nonvented tabung dipilih untuk solusi dalam kantong atau botol vented. Majelis I.V. memerlukan peralatan teknik steril untuk mencegah kontaminasi, yang dapat menyebabkan infeksi lokal atau sistemik.
Peralatan


I.V. solusi â € ¢ â € alkohol pad ¢ I.V. mengatur administrasi â € ¢ in-line filter, jika diperlukan â € ¢ IV tiang â € ¢ obat-obatan dan label, jika perlu.
Persiapan peralatan
Pastikan jenis, volume, dan tanggal berakhirnya IV solusi. Buang solusi ketinggalan jaman. Jika solusi yang terkandung dalam botol kaca, memeriksa botol untuk chip dan retak, jika itu dalam kantong plastik, memeras kantong untuk mendeteksi kebocoran. Periksa I.V. solusi untuk partikel, perubahan warna abnormal, dan mendung. Jika ada, membuang solusi dan memberitahukan departemen farmasi atau pengeluaran. Jika memesan, tambahkan obat untuk solusi, dan tempat label obat-ditambahkan diselesaikan pada wadah. Lepaskan administrasi set dari kotak, dan memeriksa retak, lubang, dan hilang klem.
Pelaksanaan

    *
      Cuci tangan Anda secara menyeluruh untuk mencegah memperkenalkan kontaminan selama persiapan.
    *
      Geser klem aliran administrasi set pipa ke ruang tetes atau port injeksi, dan menutup klem.

Menyiapkan tas

    *
      Tempatkan tas pada permukaan yang datar stabil atau menggantungnya pada IV tiang.
    *
      Lepaskan tutup pelindung atau robek tab dari port penyisipan pipa.
    *
      Lepaskan tutup pelindung dari set spike administrasi.
    *
      Holding port tegas dengan satu tangan, masukkan paku dengan tangan lain.
    
*
      Menggantung tas di I.V. tiang, jika Anda belum melakukannya, dan peras ruang tetes sampai setengah penuh.

Mempersiapkan botol nonvented

    
*
      Lepaskan tutup botol logam dan disk batin, jika ada.
    *
      Letakkan botol pada permukaan yang stabil dan lap stopper karet dengan pad alkohol.
    
*
      Lepaskan tutup pelindung dari set spike administrasi, dan mendorong spike melalui pusat penyumbat karet botol. Hindari memutar atau memancing spike untuk mencegah potongan penyumbat dari putus dan jatuh ke dalam larutan.
    
*
      Invert botol. Jika vakum nya tetap utuh, anda akan mendengar suara mendesis dan melihat gelembung udara naik (ini tidak mungkin terjadi jika Anda telah menambahkan obat-obatan). Jika vakum tidak utuh, membuang botol dan mulai lagi.
    *
      Hang botol pada I.V. tiang, dan peras ruang tetes sampai itu setengah penuh.

Mempersiapkan botol vented

    *
      Lepaskan tutup botol logam dan diafragma lateks untuk melepaskan vakum. Jika vakum tidak utuh (kecuali setelah
      P.273

      pengobatan telah ditambahkan), membuang botol dan mulai lagi.
    *
      Letakkan botol pada permukaan yang stabil dan lap stopper karet dengan pad alkohol.
    
*
      Lepaskan tutup pelindung dari set spike administrasi, dan mendorong spike melalui port penyisipan sebelah ventilasi udara pembukaan tabung.
    *
      Hang botol pada I.V. tiang, dan peras ruang tetes sampai itu setengah penuh.

Priming yang I.V. tubing

    *
      Jika perlu, melampirkan filter untuk ujung IV tubing, dan ikuti petunjuk pabrikan untuk mengisi dan priming itu. Purge selang sebelum memasang filter untuk menghindari memaksa udara ke dalam filter dan, mungkin, menyumbat beberapa saluran filter. Kebanyakan filter diposisikan dengan ujung distal dari tabung menghadap ke atas sehingga solusi akan benar-benar basah membran filter dan semua gelembung udara akan dihilangkan dari baris. (Lihat Kapan menggunakan line-in filter.)
    *
      Jika Anda tidak menggunakan filter, tujuannya ujung distal dari tabung atas keranjang sampah atau tenggelam dan perlahan-lahan membuka klem aliran. (Kebanyakan penutup tabung distal memungkinkan solusi untuk mengalir tanpa harus melepas penutup pelindung.)
    *
      Biarkan penjepit terbuka sampai I.V. solusi mengalir melalui seluruh panjang pipa untuk melepaskan gelembung udara yang terjebak dan memaksa keluar semua udara.
    
*
      Balikkan semua Y-port dan katup backcheck dan tekan mereka, jika perlu, untuk mengisinya dengan solusi.
    *
      Setelah priming pipa, tutup klem. Kemudian loop pipa atas I.V. tiang.
    *
      Label wadah dengan nama pasien dan nomor kamar, tanggal dan waktu, nomor kontainer, memerintahkan tingkat dan durasi infus, dan inisial Anda.

Pertimbangan Khusus

    *
      Sebelum dimulainya I.V. terapi, pasien harus diberitahu apa yang diharapkan. (Lihat Pengajaran pasien Anda tentang terapi IV, halaman 274.)
    *
      Selalu menggunakan teknik steril saat menyiapkan I.V. solusi. Jika Anda mencemari set administrasi atau wadah, menggantinya dengan yang baru untuk mencegah memperkenalkan kontaminan ke dalam sistem.
    *
      Jika perlu, Anda dapat menggunakan pipa vent dengan botol vented. Untuk melakukan ini, jangan menghapus diafragma lateks. Sebaliknya, memasukkan paku ke dalam lekukan yang lebih besar di diafragma.
    
*
      Ubah I.V. tubing setiap 48 atau 72 jam sesuai dengan kebijakan fasilitas Anda atau lebih sering jika Anda menduga kontaminasi. Mengubah filter sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau lebih cepat jika menjadi tersumbat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar